Cara Membuat Permen

Seulas Bahan

Bahan bahan utama yang selalu ada di setiap pembuat permen adalah  :

Gula 
Jenis-jenis Gula
Gula, merupakan bahan  utama dalam pembuatan permen dan merupakan inti dari hampir setiap resep permen. Saat mencoba permen atau mengunyah permen, rasa gula pada permen adalah rasa yang paling menonjol.
Gula dibagi menjadi 2 yaitu jenis, gula padat dan gula cair. Gula padat meliputi gula pasir halus, gula halus, gula merah, sedang gula cair meliputi sirup jagung dan madu.





Kacang


Kacang Almond
Dalam pembuatan permen, kacang merupakan bahan yang dapat menpengaruhi tekstur dan sifat rasa permen serta penambah rasa permen itu sendiri. Biasanya kacang dipakai pada pusat permen.
Jenis kacang yang paling populer digunakan untuk pembuatan permen adalah: almond, macadamia, kacang tanah dan kacang mete. Kerenyahan kacang ini yang akan menambah cita rasa dalam permen yang dibuat.


Susu


Susu Vanilla dan Susu Coklat
Susu merupakan bahan dasar dalam pembuatan permen. Jika dalam resep menggunakan susu bubuk full cream maka dapat dikatakan bahwa itu permen susu. Semakin bagus kualitas susu bubuk full cream semakin enak permen susu tersebut.
Bahan susu lainnya yang sering dipakai dalam pembuatan jenis permen adalah evaporated milk, mentega, dan susu kental manis.



Coklat

Jenis-jenis coklat
Coklat sendiri merupakan bahan permen yang selalu ada hampir pada setiap pembuatan permen karena sifat cokelat yang beraroma, namun halus.
Ada dua hal yang harus Anda ingat yaitu : Jenis coklat dan kualitas coklat.
Jenis coklat adalah mengacu pada versi coklat dari produk kakao asli dikembangkan. Kualitas coklat adalah mengacu pada isi lemak yang terkandung pada coklat. Sebuah cokelat berkualitas tinggi akan dengan mudahnya meleleh di tangan Anda dari kandungan lemak yang tinggi.


Resep  

Pada ulasan kali ini, BCB akan menyajikan salah satu resep pembuatan permen lollypop. 
Bahan-Bahan :
1 cangkir gula
½ cangkir sirup jagung cerah
¼ cangkir air
1-1/2 sdt ekstrak pilihan kamu
          (vanili, mint, kayu manis, kelapa,dll)
Pewarna Makanan (opsional)

Alat-alat :
Cetakan Lolipop
Tongkat 
Termometer Permen 

Cara Membuat Permen



Permen lollipop yang baik dihasilkan dari perpaduan 60% sirup jagung (corn syrup) dan 40% gula dan dipanaskan pada suhu 310 derajat fahrenheit dengan menggunakan thermometer permen yang baik. 






Permen cair dari hasil pemanasan diatas selanjutnya dituangkan diatas meja marmer. Proses ini disebut tempering guna menurunkan suhu masak permen cair. Setelah suhunya menurunkan, proses pemberian warna pun dapat dilakukan. Gunakan pewarna khusus candy yang aman dikonsumsi dan tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.
  

Campurkan pewarna permen untuk membuat permen lollipop yang beraneka macam warna. Uleni hingga seluruh permukaan gula tercampur seluruhnya dengan warna. 






Bagian yang putih dilapisi dengan bagian permen yang berwarna-warni. Letakkan secara berselang seling agar permen lollipop menjadi paduan yang menarik.





Langkah berikutnya adalah memasukan adonan permen ke dalam roller penggiling agar permen tercampur dan membentang tipis. Setelah membentang tipis, permen diukur dan dipotong lalu di bentuk.





Lalu, jadilah berbagai permen lolipop yang bermacam-macam.
   

 

0 Response to "Cara Membuat Permen"

Posting Komentar